Berita

    Featured Image

    5 Ciri-ciri Mobil Tangguh dan Hemat

    Anda perlu mengenal apa saja ciri-ciri mobil yang tangguh dan hemat, apalagi jika memiliki mobilitas yang tinggi. Pasalnya, belum tentu kendaraan yang diinginkan memiliki performa yang tangguh dan hemat. 

    Itu sebabnya, sangat disarankan untuk mencari informasi yang akurat sebelum membuat keputusan. Lantas, apa saja ciri dari mobil yang tangguh dan irit bahan bakar tersebut? Berikut penjelasannya.  

    Mengenal Ciri-ciri Mobil yang Tangguh dan Hemat

    Sudah tidak terhitung berapa banyak jenis dan tipe mobil yang telah diluncurkan oleh produsen otomotif. Itu sebabnya ada banyak hal yang menjadi pertimbangan ketika akan membeli kendaraan. 

    Mulai dari tampilan eksterior, interior, hingga fitur dan teknologi yang tersemat, semua itu patut diperhitungkan. Agar tidak salah memilih, berikut 5 ciri yang menandakan sebuah mobil memiliki performa yang garang dan irit bahan bakar. 

    1. Tampilan Eksterior Terlihat Tangguh

    Ciri-ciri mobil yang tangguh dan hemat bisa dilihat dari tampilan eksterior yang terlihat garang dan kuat. Ditambah lagi dengan pemilihan rangka body yang bahan materialnya mampu menahan benturan dan tekanan. 

    Hal ini menjadikan kendaraan tersebut mampu memberikan perlindungan secara maksimal baik kepada pengemudi maupun penumpang. 

    1. Bentuk Mobil Aerodinamis

    Ciri kedua dari mobil tangguh adalah memiliki bentuk desain yang lebih aerodinamis. Ini bisa menyesuaikan dengan desain dari mobil, selama alur angin dan udara bisa bergerak menembus body dengan baik. 

    Bukan tanpa sebab, desain seperti ini dimaksudkan agar kendaraan bisa melaju dengan bebas karena hembusan angin yang melintasi mobil tidak membuat lajunya menjadi terhambat. Kondisi ini secara otomatis membuat mobil irit bahan bakar. 

    Beberapa ciri dari kendaraan modern dengan tampilan aerodinamis diantaranya adalah ukurannya lebih panjang dan kaca depan dibentuk lebih landai dari mobil keluaran lama. 

    Dengan ukurannya yang panjang tersebut membuatnya mampu membawa beban berat, baik itu penumpang maupun barang.

    1. Mesin yang Efisien dan Canggih

    Mobil hemat bahan bakar seringkali dilengkapi dengan mesin yang dirancang untuk mengoptimalkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Ini bisa berarti penggunaan teknologi seperti injeksi bahan bakar langsung, turbocharger, atau pengaturan katup yang variabel untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi mesin.

    batrai pada mesin hybrid dan hemat

    Selain itu teknologi hybrid juga sangat berdampak pada penggunaan bahan bakar. Ini karena mesin hybrid pada mobil menggabungkan mesin pembakaran dalam dengan motor listrik, yang memungkinkan penggunaan bahan bakar yang lebih hemat. Beberapa kelebihannya yaitu efektivitas pada proses berkendara seperti penggunaan tenaga baterai saat berjalan pelan ketika macet. 

    1. Konstruksi dan Suspensi yang Kokoh

    Mobil tangguh biasanya memiliki konstruksi yang kokoh dan suspensi yang dirancang untuk menahan goncangan dan getaran dari medan yang kasar. Ini memungkinkan mobil untuk tetap stabil dan nyaman dalam perjalanan di berbagai kondisi jalan.

    1. Memiliki Fitur dengan Teknologi Terkini 

    Ciri kelima yang menandakan tangguh tidaknya sebuah mobil bisa dilihat dari seberapa banyak fitur canggih yang tersemat pada mobil. Kehadiran fitur-fitur tersebut bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna. 

    Beberapa fitur khusus yang bisa ditemukan pada mobil keluaran terbaru diantaranya adalah: 

    • Fitur Auto Start-Stop yang berfungsi untuk membuat penggunaan bahan bakar semakin irit. 

    • Fitur Hold Hill Control yang sangat membantu pengemudi saat berada di jalan yang menanjak. 

    • Fitur Cruise Control yang membantu pengemudi berkendara secara aman di jalan bebas hambatan tanpa perlu menekan pedal gas saat cruising

    • Fitur New ESP yang membuat pengemudi terhindar dari terjadinya oversteer dan understeer

    • Fitur Gear Shift Indicator yang berperan sebagai indikator transmisi paling ekonomis dalam hal konsumsi bahan bakar. 

    • Fitur Guide Me Light yang sangat membantu pengemudi ketika berada di area yang gelap atau minim cahaya. 

    Itulah kelima ciri yang menandakan sebuah kendaraan bisa dikatakan tangguh dan irit bahan bakar. Sebagai informasi, semua ciri-ciri mobil yang tangguh dan hemat tersebut bisa Anda temukan pada mobil Suzuki keluaran terbaru seperti Suzuki All New Ertiga Ertiga dan XL7 hybrid. 

    Tertarik untuk melihat seperti apa spesifikasi dan ketangguhan kedua mobil tersebut? Segera kunjungi website resmi dealer Suzuki dengan cara klik tautan berikut ini https://suzukidealercab.co.id/.