Berita

    Kenali Ground Clearance pada Mobil dan Fungsinya

    Ground clearance merupakan sebutan untuk ruang yang terdapat di antara dasar ban mobil dengan bagian bawah chassis atau bisa disebut juga jarak terendah komponen mobil ke permukaan jalan atau tanah.  

    Istilah semacam ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda penggemar otomotif bukan? Namun, akan terasa asing jika yang mendengarkan istilah ini adalah pengendara mobil yang baru membeli mobil.

    Fungsi Ground Clearance (GC)

    GC ini menjadi komponen yang penting untuk mobil Anda. Oleh karena itu penting untuk mengetahui komponen ini dari mobil yang akan Anda beli. Ini akan sangat mempengaruhi performa dan kenyamanan pada saat berkendara.  

    Bagi Anda yang belum mengetahui fungsinya, komponen yang satu ini memiliki andil yang sangat penting untuk:

            1. Membuat berkendara menjadi aman dan nyaman ketika melewati medan yang tidak mudah

    Keuntungan pertama yang akan Anda nikmati adalah dapat berjalan di dalam kondisi jalan yang bisa dikatakan terjal dan tidak mudah. Adanya jarak ketinggian antara jalan dan mobil akan membuat mobil dapat bergerak secara fleksibel.

    Tidak hanya akan membuat perjalanan berkendara Anda menjadi lebih nyaman, akan tetapi juga akan membuat komponen – komponen penyerta lain juga ikut terkendali alias aman karena tidak terjadi benturan yang keras akibat permukaan jalan yang tidak stabil.

            2. Menghindari air dapat masuk ke dalam mesin mobil

    Hal penting dari adanya komponen ini adalah untuk menghindari masuknya air ke dalam mesin mobil. Seperti yang Anda ketahui bahwa air sekalipun jika masuk ke dalam mesin mobil akan membuat mesin menjadi rusak.

    Hal ini akan berujung mobil menjadi mogok. Jadi, air ini akan masuk melalui sistem pelumasan atau filter udara sehingga mesin mobil akan menjadi rusak.  

    Ukuran GC di Pasar

    • GC ukuran 170 mm – 180 mm

    Komponen dengan ukuran 170 – 180 mm ini atau biasa disebut dengan GC rendah. Ukuran ini akan masuk masuk ke dalam kategori mobil seperti Suzuki Ignis. Jenis ini akan sangat cocok digunakan di dalam kota. Akan tetapi Anda harus berhati – hati terutama saat melintasi jalan dengan genangan air yang dalam karena batas maksimal air yang dapat dilewati adalah ketinggian 20 hingga 25 cm.

    • GC ukuran 190 mm – 200 mm

    Komponen dengan ukuran 190 – 200 mm ini akan sangat cocok jika digunakan pada mobil seperti mobil MPV atau mobil New Ertiga. Ukuran ini juga biasa disebut dengan ukuran sedang.