Berita

    Kenali Tanda Magnetic Clutch Rusak!

    Magnetic Clutch adalah komponen yang ada di AC mobil Anda. Di mana saat ini AC pada mobil menjadi komponen yang sangat penting. Terlebih jika Anda tinggal atau bepergian ke daerah yang sangat panas dan macet. Tentu Anda sangat membutuhkan AC pada mobil supaya tidak kepanasan.

    Jika komponen pada AC itu tidak bekerja dengan baik, Anda yang kerepotan karena gerah. Terlebih jika ada anak kecil di mobil, mereka bisa menjadi lebih rewel jika suhu di mobil terlalu panas.

    Oleh karenanya Anda harus memastikan jika komponen yang ada pada AC mobil Anda tetap dalam kondisi baik. Setidaknya Anda perlu mengenali tanda-tanda kerusakannya.

    Tanda-tanda Kerusakan Magnetic Clutch

    Ada beberapa tanda-tanda ketika komponen pada AC Anda mengalami kerusakan. Berikut poin-poin dan penjelasannya:

    • Kinerja AC Menurun

    AC pada mobil seharusnya membuat suhu di dalam mobil menjadi lebih dingin. Namun, jika komponen AC itu rusak, kinerja AC pun menjadi menurun. Di mana AC bisa jadi tetap berembus, tetapi hanya mengeluarkan angin saja dan tidak dingin.

    Dalam keadaan ini, biasanya AC baru terasa dingin ketika mobil bergerak dengan sangat cepat atau ketika Anda berkendara pada malam hari.

    • Timbul Bunyi pada Magnetic Clutch

    Tanda satu ini merupakan tanda yang jelas jika komponen AC mobil Anda sedang bermasalah. Karena AC akan terus menimbulkan bunyi baik itu ketika dihidupkan atau dimatikan. Hal ini disebabkan karena putaran pulley bergesekan dengan pressure plate.

    • Perubahan Pada Warna Pulley

    Perubahan warna pulley menjadi merah mengindikasikan jika komponen AC mobil Anda tengah bermasalah. Artinya telah terjadi kegosongan pada pulley. Hal ini terjadi karena terselip berulang-ulang yang menyebabkan pulley menjadi aus.

    Untuk lebih memastikannya lagi Anda bisa mengecek aliran listrik pada magnetic clutch dengan menggunakan taspen. Apabila Anda tidak menemukan adanya aliran listrik di sana, bisa dipastikan jika komponen AC mobil satu itu mengalami kerusakan.

    Penyebab Magnetic Clutch Rusak

    Setelah mengetahui tanda-tanda kerusakan pada komponen AC satu itu, Anda juga perlu mengenali penyebabnya. Berikut Adalah penyebab kerusakan pada komponen AC.

    • Usia Komponen

    Penyebab pertama dari kerusakan bagian AC mobil ini yaitu usia komponennya. Karena usia komponen mobil tergantung kualitas magnetic clutch.