Berita

    Ketahui Letak Sticker pada Ban Mobil yang Benar

    Ban adalah salah satu komponen mobil yang akan menimbulkan gesekan dengan aspal atau jalan. Ban memiliki tekanan angin di dalamnya yang harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Sticker ban mobil kemudian dapat menjadi acuan untuk menentukan tekanan angin yang pas.

    Sebagian orang mungkin belum mengetahui dimana letak sticker yang membantu pengemudi mengatur tekanan ban. Untuk itu, Anda dapat melihat penjelasan artikel ini sebagai solusi untuk membantu Anda.

    Letak Sticker ban mobil

    Produsen mobil biasanya menempelkan stiker tersebut di berbagai tempat yang berbeda-beda. Muatan menjadi acuan isi tekanan ban dan informasi ini bisa diketahui melalui sticker tersebut. Beberapa lokasi tempat biasanya meletakkan stiker tersebut diantaranya:

    • Pilar bagian dalam
    • Pintu penumpang yang ada di depan 
    • Pintu Tempat Mengemudi

    Untuk mengetahui secara pasti Anda bisa langsung menanyakan pada produsen mobil dimana letak sticker ban mobil tersebut. Jangan sepelekan hal ini karena ban dapat mempengaruhi keselamatan dalam mengemudi.

    Isi Informasi dari Sticker Ban 

    Dalam sticker tersebut, Anda dapat mengetahui berapa tekanan angin ideal yang ditulis dengan satuan kPa (sistem metrik) atau PSI (sistem imperial) Anda juga dapat melihat berapa ukuran ban dari mobil Anda.

    Kenapa Tekanan Angin pada Ban Harus Sesuai dengan Standar? 

    Setiap komponen mobil sejatinya memiliki fungsi. Jangan abaikan keadaan setiap komponen termasuk juga ban mobil karena hal tersebut dapat terkait dengan risiko terjadinya kecelakaan. 

    Dengan memperhatikan sticker ban mobil, tekanan angin harus dipastikan dalam keadaan ideal dan hal ini merupakan salah satu cara untuk merawat ban. Jika tidak ideal, bisa saja menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan yaitu seperti pada penjelasan berikut ini.

    • Mengurangi Risiko Terjadinya Pecah Ban

    Ban yang pecah mendadak dapat disebabkan oleh kekurangan angin. Lapisan ban dapat terpisah ketika akibat ban yang kurang angin secara terus-menerus sambil terpapar suhu yang panas. Maka dari itu, pastikan selalu ban mobil Anda dalam kondisi memiliki angin yang prima dan ideal.

    • Ban Lebih Awet

    Ketika keseluruhan ban tidak mengalami gesekan, ban yang aus pun tidak dapat dihindari. Tekanan angin yang tidak ideal dapat menjadi penyebab hal ini terjadi. Karenanya, upayakan agar tekanan angin ban mobil Anda selalu sesuai dengan standar yang disarankan agar umur ban menjadi lebih panjang dengan memperhatikan sticker ban mobil.

    • Rasa Nyaman saat Mengemudi Bisa Didapatkan