Berita

    Ketahui Penyebab Kopling Mobil Keras & Cara Mengatasinya

    Apakah Anda pernah mengalami secara tiba-tiba kopling mobil keras? Ketika pedal kopling berubah menjadi keras, kondisi ini tentu begitu menjengkelkan karena bisa mengacaukan konsentrasi kita ketika berkendara.

    Agar dapat menghindari hal ini, ketahui penyebab serta cara mengatasinya, seperti ulasan di bawah ini. 

    Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Mobil Keras

    Agar dapat mengatasi kopling mobil yang berubah menjadi keras, ketahui terlebih dahulu sejumlah penyebabnya. Berikut ulasan lengkapnya, antara lain:

            1. Kampas Kopling yang Sudah Aus

    Umumnya, bila kampas kopling sudah menipis atau aus, hal ini bisa menyebabkan gesekan antar komponen menjadi semakin besar. Bila terus menerus dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan kerusakan di komponen mesin serta sistem pengereman yang lain. 

    Bahkan, bila tidak segera diatasi, hal ini akan menyebabkan kopling terasa keras ketika diinjak. Oleh sebab itu agar dapat mengatasinya, pastikan melakukan penggantian kampas yang sudah aus, atau sudah terlihat menipis kemudian menggantinya dengan komponen kampas yang baru. 

            2. Kabel Kopling Mengering

    Bukan hanya karena kampas kopling yang sudah berubah menjadi aus. Kopling yang berubah menjadi keras ketika digunakan juga bisa disebabkan karena kabel kopling yang mongering. Kondisi ini terjadi karena oli yang menjadi pelumas berkurang. 

    Agar dapat mengatasinya, Anda harus mengecek kabel kopling secara terus menerus serta memberi pelumas dengan rutin. Sehingga kopling mobil keras tidak akan terjadi lagi. 

            3. Release Bearing yang Mengalami Kerusakan

    Penyebab kopling mobil menjadi keras yang lainnya adalah release mobil yang mengalami kerusakan. Release bearing memiliki fungsi menjadi pendorong diafragma cover clutch. Jika release bearing mengalami kerusakan, dan hanya dibiarkan saja terus menerus, diafragma dapat tergerus dan membuat tekanan menjadi lemah. 

    Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah ini? jika masalah ini terjadi, Anda hanya perlu mengganti release bearing yang mengalami kerusakan dengan komponen baru. Nantinya kopling akan berubah menjadi empuk. 

            4. Bagian Matahari Kopling Aus

    Bila bagian matahari kopling berubah menjadi usang atau aus karena usia pemakaian, hal ini bisa membuat kopling berubah menjadi keras. Kondisi ini disebabkan karena daya tekanan yang dihasilkan oleh cover clutch atau matahari kopling berubah menjadi lemah.