Berita

    Ketahui Tanda Ban Mobil Perlu Diganti

    Dari berbagai macam komponen, ban mobil menjadi bagian yang sangat penting. Bukan hanya menjadi komponen penggerak mobil, tetapi ban juga memiliki peran penting untuk menjaga keselamatan, keiritan konsumsi BBM serta kenyamanan penumpang. 

    Bahkan, ketahanan komponen kaki-kaki kendaraan dan lainnya. Sehingga kondisi ban harus memperoleh perhatian khusus dari pemilik. Sebenarnya tidak beda jauh dengan komponen kendaran yang lainnya, ban juga harus diganti bila diperlukan. 

    Kapan Ban Mobil Harus Diganti?

    Pertanyaan seperti kapan waktu untuk mengganti ban mungkin menjadi hal yang pernah Anda tanyakan. Sebenarnya, ada beberapa tanda ban harus dilakukan penggantian, antara lain:

            1. Ban Gundul di Bagian Tertentu

    Ban bisa mulai menipis pada bagian tertentu, contohnya seperti di bagian tepi sisi luar maupun tepi di bagian dalam. Ketika hal tersebut terjadi, ban harus segera diganti. Bahkan, meskipun ban gundul di bagian tengah sedangkan bagian tepi kembang masih tetap bagus, penggantian ban harus tetap dilakukan. 

    Anda tidak perlu menunggu bagian lain gundul kemudian melakukan penggantian ban baru. Bila ban gundul dibiarkan, hal ini justru berisiko pada keselamatan pengendara ketika menembus jalanan. Oleh sebab itu, segera lakukan penggantian bila terdapat tanda ini. 

            2. Ban Benjol

    Tanda lain yang menunjukkan ban mobil harus segera diganti adalah terdapat benjolan. Benjolan ban juga merupakan tanda jika ban harus segera dilakukan penggantian.

    Umumnya, ban yang benjol ini merupakan pertanda anyaman benang atau kawat penguat konstruksinya putus. Oleh sebab itu jika benjolan sudah terjadi, ketahanan yang dimiliki ban sudah tidak sama, dan ban lebih mudah pecah. 

            3. Ketebalan Tapak Ban

    Setiap ban mobil pada dasarnya akan diberi indikasi Tread Wear Indicator atau yang disingkat dengan TWI. TWI adalah batas keausan ban serta diizinkan untuk tetap digunakan. Jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, segera lakukan penggantian ban. 

    Terdapat 2 posisi indicator TWI di ban yakni di bagian tepi ban kemudian di tengah telapak ban. 

    Pada bagian tepi, akan terlihat segitiga kecil yang berada di area bawah kembang ban, sedangkan di bagian tengah telapak adalah tonjolan dengan tinggi tidak sampai setinggi kembang ban. 

            4. Umur Ban Lebih dari 3 Tahun