Berita

    Featured Image

    Mengenal Fungsi Fuel Pump Mobil dan Tandanya Jika Mengalami Kerusakan

    Fuel pump atau pompa bahan bakar merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Fungsi fuel pump utamanya adalah untuk memompa bahan bakar dari tangki.

    Tentunya, komponen ini sangat berperan penting dalam menunjang kinerja mesin kendaraan. Apabila ada masalah yang terjadi , tentu akan menghambat kinerja mesin bahkan dapat menyebabkan mesin berhenti total.

    Simak penjelasan di bawah ini agar lebih memahami mengenai fungsi dan tanda-tanda jika komponen ini bermasalah.

    Fungsi Pompa Bahan Bakar

    Fungsi utama pompa bahan bakar ialah untuk memompa bahan bakar dari tangki ke karburator atau injektor bahan bakar dari mesin pembakaran internal.

    Pompa bahan bakar akan menyimpan dan menyuplai bahan bakar ke ruang silinder dimana bahan bakar dapat tercampur dengan udara, diuapkan kemudian dibakar untuk menghasilkan energi pada kendaraan. 

    Terdapat dua jenis pompa bahan bakar, yaitu:

    • Pompa bahan bakar mekanis, digerakkan secara normal oleh sabuk atau rantai bantu dari mesin. Contohnya mesin diesel.
    • Pompa bahan bakar elektronik, dikendalikan oleh sistem injeksi bahan bakar elektronik, ini biasanya lebih andal dan minim masalah dibandingkan jenis mekanis

    Fuel pump mobil dapat digolongkan berdasarkan jenis kendaraannya. Biasanya perbedaan terdapat pada lokasi akhir pengaliran bahan bakar. Ada yang dialirkan menuju karburator, ada juga yang dialirkan menuju injector.

    Gejala Kerusakan

    Jika terjadi kerusakan pada pompa bahan bakar akan terlihat dan terasa dari gejala yang ditimbulkan. Gejala yang menunjukkan tanda-tanda keausan atau kerusakan dari sistem bahan bakar kendaraan adalah sebagai berikut:

    • Menghidupkan Mesin yang Sulit

    Ketika pompa bahan bakar mengalami kerusakan, maka dapat berpengaruh sulit dinyalakannya mesin mobil. Ketika menyalakan mesin, suara dari tangki bahan bakar akan terdengar lemah atau bahkan tidak mengeluarkan suara apapun

    • Terdengar Suara Rengekan dari Tangki Bahan Bakar

    Jika Anda mendengar ada suara rengekan dari tangki bahan bakar, ada beberapa kemungkinan penyebabnya diantaranya terjadi kerusakan pada pompa bahan bakar, kehabisan bahan bakar atau ada kontaminasi di dalam tangki.

    • Mesin melambat atau terjadi Lonjakan

    Ketika pompa bahan bakar rusak dan tidak mengirimkan bahan bakar yang stabil ke dalam mesin, kinerja mesin akan menurun dan mobil akan tersendat-sendat atau bahkan terjadi lonjakan.

    • Kehilangan Daya Ketika Membawa Beban