Berita

    Mengenal Rangkaian Audio Mobil dan Komponennya

    Ketika mengendarai mobil, tentu tidak asik rasanya jika tidak mendengarkan musik. Maka dari itu, bagi Anda yang penasaran dengan rangkaian audio mobil dan bertanya-tanya bagaimana bisa menghasilkan suara di dalam mobil artikel ini sangat tepat untuk disimak.

    Karena musik ini sangat penting untuk mengusir rasa bosan di jalan. Nah, jika Anda sedang berniat untuk memodifikasi audio mobil, wajib untuk mengetahui segala komponen dan rangkaiannya. Tujuannya agar Anda dapat memodifikasi audio dengan baik dan benar.

    Pemasangan Rangkaian Audio Mobil

    Memasang audio mobil yang dimodifikasi sebenarnya sangat mudah dan tidak begitu rumit. Skema dan proses instalasinya juga mudah, Anda hanya perlu mengikut 3 tahapan mudahnya. Penjelasan skema instalasi audio mobil dapat disimak berikut ini:

    • Sambungkan Kabel

    Skema pemasangan audio mobil Anda pertama-tama adalah menyambungkan kabel. Artinya, Anda menyambungkan kabel pada arus listrik mobil Anda agar audio mobil dapat terpasang dan menyala. Ketika memasang kabel, pastikan urutan kabelnya tepat dan tidak mengelupas atau menumpuk.

    • Adanya Arus Listrik dari Aki Mobil

    Cara pemasangan yang kedua adalah pastikan sambungan kabel dengan arus listrik baik dan berasal dari aki mobil. Anda dapat menyambungkan komponen audio mobil seperti speaker dengan aki mobil. Maka dengan itu, audio mobil Anda akan dapat menyala dan dipastikan dapat berfungsi dengan baik.

    • Tambahkan Power Amplifier

    Nah, jika Anda takut aki mobil Anda cepat boros atau “aus” karena beban arus listrik dari audio mobil. Maka dari itu, Anda membutuhkan power amplifier agar beban aki mobil tidak terlalu berat. Keuntungan lain jika Anda menggunakan power amplifier, arus atau tenaga listrik hanya terfokus pada audio mobil sehingga dapat lebih baik kualitas suaranya dan tidak membebani mobil.

    4 Komponen Rangkaian Pada Audio Mobil

    Nah, jika Anda sudah mengetahui skema modifikasi rangkaian audio mobil maka selanjutnya adalah menentukan komponen rangkaian pada audio mobil yang ingin diubah. Atau informasi tentang komponen audio mobil juga dapat Anda simak agar lebih tahu komponen serta fungsi-fungsinya. Berikut ini 4 komponen dari rangkaian audio pada mobil yang dapat Anda ketahui:

            1. Speaker

    Komponen speaker menjadi komponen utama dari serangkaian audio, karena perannya yang bagaikan “jantung” dari audio itu sendiri. Speaker memiliki peran untuk mengubah listrik menjadi suara.