Berita

    Mengungkap Fungsi Stabilizer Link pada Mobil

    Stabilizer link pada umumnya adalah penghubung antara roda kiri dan kanan, di mana fungsi utamanya untuk menstabilkan laju kendaraan ketika bermanuver. Setiap kendaraan mobil tentunya memiliki komponen jenis ini.

    Link stabilizer biasanya terletak pada kaki bagian depan dari mobil. Bisa dikatakan bahwa komponen jenis ini memiliki fungsi untuk meredam guncangan sehingga akan membuat berkendara lebih nyaman. 

    Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai fungsi link stabilizer yang harus Anda ketahui, sehingga diharapkan wawasan Anda seputar mesin mobil menjadi bertambah.

    Fungsi Link Stabilizer

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, komponen ini memiliki fungsi utama untuk menstabilkan laju kendaraan dengan meminimalisir guncangan. Akan tetapi sebenarnya ada fungsi yang lainnya, yaitu sebagai berikut:

    1. Fungsi yang pertama adalah untuk mengurangi sudut kemiringan mobil ketika sedang melewati jalan berkelok. Sehingga penumpang yang ada di dalam mobil akan tetap nyaman tanpa mengalami limbung kanan limbung kiri.
    2. Meningkatkan faktor keamanan pada jalan raya aspal dengan meningkatkan daya cengkeram pada mobil.
    3. Link stabilizer ini memiliki fungsi untuk menghubungkan komponen suspensi lainnya dengan stabilizer bar. 

    Tipe-Tipe Link Stabilizer 

    Komponen jenis ini juga memiliki 2 tipe yang berbeda, untuk lebih lanjutnya simaklah hal di bawah ini:

    1. Tipe Joint Link dan Bushing

    Link stabilizer jenis ini merupakan jenis komponen yang menggunakan komponen ball joint dan karet bushing yang sudah dikombinasikan. 

    Sesudah dikombinasikan, 2 komponen ini akan menjadi penghubung antara lower arm dengan stabilizer bar atau antara shock absorber dengan stabilizer bar. Bisanya jenis ini digunakan untuk suspensi bertipe Double wishbone atau tipe MacPherson. 

            2. Tipe Joint Link

    Link stabilizer jenis ini merupakan jenis komponen yang menggunakan komponen ball joint saja sebagai komponen penghubung 

    Komponen ini akan menjadi penghubung antara lower arm dengan stabilizer bar atau antara shock absorber dengan stabilizer bar. Bisanya jenis ini digunakan untuk suspensi bertipe Double wishbone atau tipe MacPherson. 

            3. Tipe Bushing

    Link stabilizer jenis ini merupakan jenis komponen yang menggunakan karet bushing yang dikaitkan pada bagian lower arm melalui plat yang ada di dalamnya.