Berita

    Segera Cek! Ini Tanda Air Radiator Mobil Habis & Bahayanya

    Tanda air radiator mobil habis perlu diketahui! Sebab, Menjadikan mobil sebagai kendaraan yang Anda perlukan sehari-hari tentu akan sangat merepotkan jika terjadi masalah di jalan. Terlebih jika mesin mobil overheat karena Anda tidak mengetahui kalau air radiator habis.

    Mesin yang  overheat tentu akan mendatangkan banyak masalah pada mesin mobil. Bisa menjadi penyebab mobil yang mogok atau keluarnya asap pada kap mesin mobil. 

    Untuk itu Anda bisa simak ulasan berikut hingga akhir untuk mengenali seperti apa tanda air radiator pada mobil yang habis, supaya kedepannya tidak lagi mengalami masalah serupa.

    Inilah 5 Tanda Air Radiator Mobil Habis

    • Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar

    Tanda yang pertama yaitu suara mesin mobil yang terdengar kasar. Hal ini terjadi karena mesin mobil terlalu panas sehingga sistem pembakaran pada mobil terpengaruh.

    Apabila air radiator mobil Anda habis, maka sistem pembakaran di dalam mesin tidak akan berjalan normal. Sebaliknya, sistem pembakaran pada mesin mobil akan berjalan baik jika jumlah air radiator pada mesin dalam volume yang bagus.

    • Indikator Temperatur Mesin Mobil Mendekati Warna Merah

    Tanda kedua air radiator yang habis yaitu indikator temperatur atau suhu pada dashboard mobil mendekati warna merah.

    Di mana apabila suhu mesin pada mobil normal maka indikator akan berada di tengah, tetapi ketika air radiator habis dan mesin mengalami peningkatan panas. jarum indikator pun bergerak mendekati warna merah.

    • AC Mobil Terasa Kurang Sejuk

    Air Conditioner (AC) adalah komponen penting di dalam mobil yang membantu Anda menjaga suhu di dalam kabin tetap terasa sejuk. Bila AC tidak sejuk dan Anda tengah terjebak macet di jalanan yang panas, tentu akan sangat tidak nyaman.

    AC yang terasa kurang sejuk adalah salah satu tanda air radiator mobil habis. Ketika air radiator habis hal ini akan membuat panas pada mesin meningkat dan hal ini akan berdampak pada putaran kompresor di AC menjadi berhenti.

    • Mesin Terasa Kurang Bertenaga

    Apabila saat mengendarai mobil dengan rpm tinggi, tetapi Anda merasa jika mobil tidak bergerak secepat biasanya atau kurang bertenaga bisa jadi itu terjadi karena air radiator yang habis.

    Air radiator yang habis membuat tenaga pada mobil Anda tidak keluar dengan optimal. Sehingga tarikan pada mobil pun terasa berat, bahkan ketika Anda sudah menginjak pedal gas dalam-dalam.

    • Keluar Uap di Kap Mesin Mobil