Berita

    Simak Perbedaan Sistem Kemudi Mobil Recirculating Ball dan Rack and Pinion

    Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, sistem kemudi mobil juga mengalami peningkatan. Apa saja perubahan tersebut dan bagaimana sistem kerjanya? Berikut ulasannya. 

    Perbedaan Sistem Kemudi Mobil Recirculating Ball dan Rack and Pinion

    Sistem kemudi atau kerap disebut setir mobil merupakan suatu mekanisme yang ada pada kendaraan. Fungsinya adalah untuk mengatur serta mengendalikan belokan dan arah kendaraan tersebut sesuai dengan keinginan pengemudi. 

    Di Indonesia, setir mobil berada di bagian kanan depan mobil, sedangkan di luar negeri sebagian besar menggunakan mobil dengan posisi setir berada di sebelah kiri. 

    Sejarah perkembangan sistem kemudi mobil manual steering diawali dengan tipe recirculating ball dan berlanjut ke rack and pinion. Berikut ini perbedaan antara sistem kemudi recirculating ball dan rack and pinion. 

    Recirculating Ball 

    Perbedaan sistem kemudi mobil antara recirculating ball dan rack and pinion bisa dilihat berdasarkan cara kerjanya yang cukup berbeda. 

    Cara Kerja: 

    Pada recirculating ball, kinerjanya dimulai dari gigi cacing yang ada di bagian bak roda gigi yang terhubung ke linkage, tie rod, idler arm, batang penghubung, dan lengan nakel arm yang kemudian dihubungkan dengan ujung pitman arm

    Jadi, setiap komponen tersebut mampu memindahkan gaya putar mulai dari kemudi ke roda depan mobil dengan cara memutar ball joint untuk peredam kejut. 

    Keunggulan: 

    • Mampu menghasilkan putaran tangan kemudi secara maksimal
    • Putaran kemudi cukup ringan saat digunakan. 
    • Usia pemakaian steering gear cukup panjang. 
    • Bisa digunakan untuk jenis kendaraan besar karena memiliki komponen steering gear dengan ukuran relatif besar 

    Kelemahan: 

    • Memiliki struktur yang cukup rumit karena antara gear pinion dan gear sector tidak terhubung secara langsung. 
    • Pengemudi harus memutar setir hingga 4 kali sampai putaran mobil benar-benar full. Ini cukup membuat pengemudi kesulitan ketika akan berputar di gang sempit. 
    • Biaya perbaikan cukup mahal. 

    Rack and Pinion