Berita

    Mulai Kusam! Ini Daftar Biaya Ganti Kaca Mobil

    Salah satu bagian terpenting dari mobil adalah kaca. Bila sudah ada tanda-tanda kerusakan, segera ganti kaca mobil dengan yang baru. Sebab, kaca yang rusak sangat berisiko untuk keselamatan pengemudi dan penumpang. 

    Bukan hanya karena retak atau pecah saja kaca mobil harus diganti. Tapi, saat kaca sudah mulai kusam dan tidak lagi bisa dibersihkan dengan cairan pembersih, maka segera ganti. Sebab, kaca yang kusam bisa mengaburkan pandangan pengemudi dan berisiko menjadi sebab kecelakaan. 

    Biaya Ganti Kaca Mobil, Seberapa Mahal?

    Namun, untuk mengganti kaca dengan yang baru, kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan? Seberapa mahal harganya? Berikut perkiraan harga dari masing-masing jenis kaca mobil:

    • Kaca Mobil Bagian Depan

    Biaya yang dibutuhkan untuk mengganti kaca bagian depan sekitar Rp1.250.000 dengan rincian Rp960.000 untuk kaca, Rp200.000 untuk lem, dan Rp90.000 untuk bagian list

    Bila ditambahkan dengan jasa pasang, Anda perlu menyiapkan seminimalnya Rp1.500.000.

    • Kaca Mobil Bagian Belakang

    Kaca sisi belakang terhitung membutuhkan biaya yang sedikit lebih murah daripada sisi depan. Untuk kacanya saja dipatok dengan harga sekitar Rp560.000. Bila ditambahkan dengan harga lem serta jasa pasang, paling tidak Anda harus menyiapkan Rp1.000.000. 

    • Kaca Mobil Bagian Samping 

    Secara umum, kaca mobil sisi samping yang sudah rusak tidak akan bisa diperbaiki lagi. Pasalnya, kaca samping dibuat menggunakan tempered glass yang berukuran tebal sehingga akan sulit untuk diperbaiki lagi. 

    estimasi biaya ganti kaca mobilFreepik.com

    Jadi, bila kaca samping sudah rusak, secara otomatis harus ganti kaca mobil. Perkiraan biaya yang dibutuhkan sekitar Rp800.000 dengan rincian harga kaca sekitar Rp250.000 - 300.000. Sisanya untuk jasa pasang serta lemnya. 

    Jenis-Jenis Kaca Mobil

    Di pasaran, ada beberapa jenis kaca mobil, mulai dari yang asli (orisinil), OEM (original equipment manufacturer) atau bakaran. Berikut perbedaan dari masing-masing:

    • Kaca Mobil Jenis Orisinil

    Kaca ini asli dari pabrik produsennya dan mempunyai logo dari merk kendaraan tersebut. Anda akan mudah menemukan jenis kaca original di toko sparepart resmi atau dealer resminya. 

    • Kaca Mobil Jenis OEM

    Kaca jenis ini diproduksi oleh produsen agar dipakai untuk semua merek kendaraan, jadi tidak spesifik untuk satu jenis kendaraan saja. 

    Biasanya, pabrik akan memproduksi dengan memberikan merek dagang sendiri. Maka, kaca jenis ini sering disebut juga sebagai jenis kaca aftermarket atau OEM. 

    Dari sisi harga, kaca jenis OEM lebih terjangkau dari kaca original. Kualitasnya pun tidak jauh berbeda dari OEM. Sebab, yang membedakan hanya di sisi mereknya saja. 

    • Kaca Mobil Jenis Bakaran

    Kaca mobil jenis ini bisa dikatakan sebagai pengganti kaca original dan OEM untuk kendaraan yang sparepart kacanya sudah tidak tersedia di pasaran lagi. Biasanya, kaca jenis bakaran digunakan untuk mobil klasik yang keluar di tahun 1980-1990an. 

    Nah, dari jenis kaca tersebut, Anda sudah tahu berapa perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk ganti kaca mobil. Kini, saatnya Anda menentukan ingin menggunakan yang tipe original, OEM atau bakaran. Tentukan pilihan sesuai dengan budget yang dimiliki.