Berita

    8 Kebiasaan yang Menyebabkan Mika Lampu Menguning

    Kita semua tahu bahwa lampu mobil adalah bagian vital dari keselamatan berkendara. Namun, terkadang kita mengabaikan perawatan yang tepat terhadap lampu mobil, terutama pada mika lampu. Mika lampu yang menguning bukan hanya membuat mobil terlihat tua, tetapi juga dapat mengurangi efektivitas cahaya lampu, meningkatkan risiko kecelakaan, dan bahkan bisa menyebabkan masalah hukum di beberapa tempat. Mari kita bahas kebiasaan yang menyebabkan mika lampu menguning dan bagaimana mencegahnya.

    1. Tidak Membersihkan Lampu Secara Rutin

    Salah satu kebiasaan yang sering kita lupakan adalah membersihkan lampu mobil secara teratur. Debu, kotoran, dan residu lainnya dapat menumpuk di mika lampu dari waktu ke waktu. Ini bukan hanya membuat lampu terlihat kusam, tetapi juga dapat menyebabkan mika lampu menguning lebih cepat karena efek panas dari lampu.

    2. Penggunaan Bahan Kimia yang Tidak Tepat

    Banyak orang cenderung menggunakan pembersih kaca biasa untuk membersihkan mika lampu mobil mereka. Namun, bahan kimia yang terkandung dalam pembersih kaca biasa mungkin terlalu keras dan dapat merusak permukaan mika lampu, meningkatkan risiko mika lampu menguning. Sebaiknya, gunakan pembersih khusus untuk plastik yang dirancang khusus untuk membersihkan mika lampu.

    3. Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

    Paparan sinar matahari langsung dapat merusak mika lampu mobil seiring waktu. Sinar UV matahari dapat menyebabkan plastik mika lampu menjadi kering dan retak, yang pada gilirannya dapat menyebabkan mika lampu menguning. Jika memungkinkan, parkirlah mobil di tempat yang teduh atau gunakan penutup mika lampu untuk melindunginya dari paparan sinar matahari langsung.

    4. Menggunakan Lampu dengan Watt yang Tidak Sesuai

    Penggunaan lampu dengan wattage yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil juga dapat menyebabkan masalah pada mika lampu. Lampu dengan watt yang terlalu tinggi dapat menghasilkan panas berlebih yang dapat merusak mika lampu dan menyebabkan mika lampu menguning. Pastikan untuk menggunakan lampu yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

    5. Tidak Melakukan Pengecekan Teratur

    Kebiasaan selanjutnya yaitu tidak melakukan pengecekan teratur terhadap kondisi mika lampu. Seringkali, mika lampu menguning terjadi secara bertahap dan sulit untuk terdeteksi secara langsung. Melakukan pengecekan secara teratur dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi masalah lebih awal dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

    Dikutip dari headlights.com, bahwa sangat disarankan untuk memeriksa lampu depan Anda setidaknya sekali seminggu untuk mendeteksi tanda-tanda kekhawatiran sejak dini. Hal ini mencegah masalah estetika atau keamanan yang lebih kompleks, seperti tanda-tanda awal oksidasi, termasuk penumpukan kotoran pada lensa lampu dan tampilan yang keruh. 

    6. Menyimpan Mobil di Tempat yang Berdebu

    Menyimpan mobil di tempat yang berdebu atau kotor dapat meningkatkan risiko mika lampu menguning karena debu dan kotoran dapat menumpuk pada permukaan mika lampu seiring waktu. Pastikan untuk menyimpan mobil di tempat yang bersih dan terlindungi.

    7. Tidak Menggunakan Penutup Mika Lampu

    Menggunakan penutup mika lampu saat mobil tidak digunakan dapat membantu melindungi mika lampu dari paparan elemen lingkungan yang merusak, seperti debu, hujan, atau sinar matahari langsung. Penutup mika lampu juga dapat membantu mempertahankan kejernihan mika lampu dalam jangka waktu yang lebih lama.

    8. Menggunakan Pembersih yang Terlalu Kasar

    Selain menggunakan bahan kimia yang tidak tepat, menggunakan spons atau kain yang kasar untuk membersihkan mika lampu juga dapat merusak permukaannya. Gunakan spons atau kain yang lembut dan bersih untuk membersihkan mika lampu dengan lembut dan mencegah terjadinya goresan atau kerusakan.