Berita

    Kenali! Ciri-ciri Aki Rekondisi Agar Tak Salah Pilih.

    Aki yang ada pada mobil Anda memiliki peran yang vital bagi performa kendaraan. Betapa tidak? Aki mobil merupakan sumber daya listrik pada sistem kelistrikan kendaraan.

    Untuk memfasilitasi kebutuhan mobilitas, Anda harus memastikan bahwa aki mobil berfungsi dengan baik. Jika memang harus diganti, jangan salah pilih membeli aki rekondisi.

    Aki yang dijual dalam keadaan rekondisi adalah aki bekas pakai yang dijual kembali setelah diperbaiki. Memang benar konsumen tidak menghadapi bahaya jika menggunakan aki ini, tapi tetap saja merugi karena masa pakai yang singkat.

    Anda perlu mengenali ciri-cirinya agar tidak salah dalam membeli aki mobil dalam keadaan yang rekondisi. Yuk, simak beberapa karakteristiknya berikut ini!

    Ciri-ciri Aki Rekondisi yang Perlu Diperhatikan

    Aki yang dijual dalam keadaan rekondisi dapat dikenali dari beberapa hal. Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak salah beli.

    • Harga yang Murah

    Para penjual aki yang nakal biasanya memperdaya konsumen untuk membeli aki rekondisi dengan iming-iming harga di bawah pasaran.

    Perbedaan harga aki baru dengan rekondisi yang terpaut ratusan ribu hingga jutaan sering kali menjadi daya pikat konsumen.

    Aki baru orisinil dibandrol dengan harga mulai 800 ribu hingga jutaan Rupiah. Namun, konsumen yang diincar pedagang nakal sering ditawarkan harga aki sebesar 200 hingga 300 ribu Rupiah.

    Jika Anda adalah salah satu konsumen yang mendapat tawaran aki dengan harga yang tidak masuk akal di bawah harga pasar, Anda patut meragukan apakah aki tersebut baru atau rekondisi.

    • Masa Garansi yang Singkat

    Hal selanjutnya yang patut diwaspadai ketika membeli aki mobil adalah memastikan garansi pembelian barangnya.

    Pada umumnya, aki orisinil dari produsen resmi akan dilengkapi dengan masa garansi dengan kisaran satu tahun.

    Namun, jika tempat Anda membeli aki mobil hanya memberikan garansi selama satu bulan, sudah dapat dipastikan aki tersebut bermasalah atau aki rekondisi.

    • Terdapat Celah pada Fisik Aki

    Secara kasat mata, Anda dapat mengenali apakah aki yang akan Anda beli dalam keadaan baru atau rekondisi.

    Disarankan untuk mengurungkan transaksi pembelian jika Anda mendapati goresan-goresan pada kutub positif dan negatif aki seperti bekas pemakaian.

    Selain itu, Anda patut curiga jika ternyata badan aki menggelembung bentuknya. Hal ini dapat terjadi karena ada proses kimia yang dilakukan sehingga terdapat perubahan bentuk.