Berita

    Simak Cara Mengisi Freon AC Pada Mobil yang Benar

    Pengisian freon AC mobil sebaiknya dilakukan oleh profesional, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui cara-caranya agar Anda tahu kapan freon harus diisi ulang, terlebih guna mencegah para montir berbuat curang saat mengisinya.

    Melakukan pengisian freon dilakukan pada 3 tahap, yaitu menyediakan alat serta bahan pengisian, persiapan sebelum pengisian, dan proses pengisiannya yang dibedakan menjadi 2 cara.

    Alat dan Bahan yang Diperlukan untuk Pengisian Freon AC Mobil

    Sebelum melakukan persiapan pengisian freon, sudah pasti bahan yang disediakan adalah isian freon.

    Namun, sebaiknya sediakan juga alat yang diperlukan terlebih dahulu, utamanya adalah manifold gauge. Alat ini lazim digunakan profesional untuk untuk membaca atau mengidentifikasi tinggi rendahnya tekanan yang terdapat di kulkas dan AC.

    Persiapan Sebelum Melakukan Pengisian Freon AC pada Mobil

    Terdapat 3 tahap persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum melaksanakan pengisian freon. Untuk penjelasannya adalah seperti berikut ini.

    • Melakukan pengosongan pada sistem AC mobil

    Mula-mula, ketahui angka tekanan freon menggunakan manifold gauge. Selanjutnya, jika sudah mengetahui besaran angkanya, barulah kosongkan freon.

    Lalu buang freon melalui penutupan katup manifold gauge memakai selang sesuai besaran angka tekanan yang telah dilakukan pengecekan sebelumnya. Lalu, tunggu sejenak hingga freon benar kosong.

    Untuk memastikan freon dalam AC benar-benar kosong, pastikan kran sudah dibuka dan dengarkan desisannya. Apabila desisan telah menghilang, itu berarti freon telah habis total sehingga siap untuk mengisi freon AC mobil yang baru.

    • Melakukan pemvakuman sistem AC mobil 

    Sisa uap air dalam AC dapat bercampur bersama udara dan bisa mengakibatkan freon cepat membeku pada sistem AC yang kemudian membentuk gumpalan es dan dapat memperburuk sistem pendingin mobil.

    Untuk melakukan pemvakuman, cukup gunakan manometer tekanan di kran tekanan atau manifold gauge, tunggu 15 menit hingga indikator manifold gauge menunjuk nilai 20 psi atau 758.4 mmHg sehingga uap bisa keluar sempurna. 

    • Melumasi kompresor AC

    Demi mencegah rusaknya kompresor AC, tuanglah oli pelumas ke dalam kompresor tersebut memakai gelas ukur dengan takaran sebanyak 5-10 cc. Lalu, masukkanlah selang manifold gauge yang masih terkoneksi bersama vakum ke gelas ukur.