Berita

    Silinder Roda Rem Mobil: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

    Pada mobil terdapat sistem rem yang merupakan komponen chasis. Tipe rem yang banyak digunakan adalah rem tromol karena rem satu ini menggunakan sistem tekanan hidrolik. Dengan sistem tekanan hidrolik yang didukung dengan silinder roda (wheel cylinder), proses pengereman jadi lebih stabil.

    Hal ini dikarenakan wheel cylinder memiliki fungsi, komponen, dan cara kerja yang lebih unggul dibandingkan rem cakram. Nah, bagi pengendara mobil yang belum mengetahuinya, maka simak ulasan berikut agar tidak salah melakukan perawatan:

    Mengapa perlu Silinder Roda pada Mobil?

    Wheel cylinder pada mobil terletak di roda dan lebih tepatnya menempel pada backing plate. Peletakan ini bukan tanpa sebab, yakni agar dari master silinder bisa menerima tekanan hidrolik. Adapun nantinya setelah tekanan diterima, bisa diteruskan oleh wheel cylinder.

    Pada proses inilah fungsi silinder roda melakukan penekanan pada kanvas rem agar proses pengereman bisa terjadi. Tidak hanya itu, fungsi lain dari wheel cylinder adalah mengubah tenaga hidrolik dalam mesin menjadi tekanan mekanis agar dapat menggerakkan kampas rem mobil dengan maksimal.

    Komponen Wheel Cylinder 

    Meskipun wheel cylinder termasuk dalam komponen rem tromol, bukan berarti tidak punya komponen pendukung. Wheel cylinder memiliki beberapa komponen pendukung yang berguna untuk memaksimalkan kinerja antar komponen. 

    Apabila salah satu komponen ini rusak, maka akan berpengaruh pada seluruh silinder roda. Berikut komponen silinder roda yang harus diketahui para pemilik mobil:

    1. Piston

    Komponen rem satu ini pasti tidak asing didengar, bukan? Piston merupakan komponen silinder roda yang pertama. 

    Fungsinya sebagai penekan sepatu rem agar menempel ke bagian tromol guna menghasilkan pengereman. Piston yang baik adalah yang dibuat dengan presisi silinder seimbang, sehingga apabila terjadi tekanan mendadak, piston dapat terdorong maksimal.

    2. Boots

    Komponen silinder roda berikutnya adalah Boots atau biasa disebut protective dust oleh ahli mekanik otomotif. Seperti namanya, boots sangat berperan penting untuk melindungi komponen rem lain dari debu dan kotoran. 

    Tidak heran, untuk mendukung fungsinya, boots sengaja diletakkan dengan posisi menyelimuti wheel cylinder di bagian luar.

    3. Seal Piston