Berita

    Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Pindah

    Terjadinya masalah oleh salah satu komponen bagian dari transmisi menyebabkan persneling mobil tidak dapat masuk pada gigi beragam. Jika hal ini terjadi, sudahlah tentu dapat membuat kendaraan tidak nyaman dan berbahaya.

    Nah, apakah Anda mengetahui penyebab ketidakmampuan gigi persneling untuk pindah? Jika belum, jangan lewatkan 7 informasi berikut.

    • Kanvas kopling menipis

    Salah satu penyebab gigi persneling tidak bisa pindah adalah karena menipisnya kanvas kopling. Hal ini bisa Anda temukan pada gejalanya yaitu ketika Mobil Anda baru dapat berjalan ketika gas diinjak lebih dalam atau sewaktu putaran mesin tunggu.

    Untuk mengganti kanvas kopling yang telah menipis, Anda dapat merogoh kocek sebesar Rp700 ribu hingga Rp1,3 juta. Kisaran harga tersebut bergantung pada jenis kanvas kopling yang mobil Anda gunakan, manual atau transmisi otomatis.

    • Kebocoran fluida di master kopling

    Kesusahan saat hendak mengganti gigi diakibatkan oleh tekanan hidrolik yang tidak sempurna. Nah, ketidaksempurnaan tekanan hidrolik tersebut disebabkan oleh kebocoran fluida pada master kopling.

    Anda sebaiknya segera memperbaikinya jika menemukan hal seperti ini.

    • Kemacetan kabel tuas persneling

    Penyebab gigi persneling tidak bisa pindah yang ketiga adalah tuas persneling yang macet atau pecah. Kemacetan atau rusaknya tuas persneling ini umumnya disebabkan oleh faktor umur.

    Apalagi mobil telah berumur lebih dari satu dekade, kemungkinan rusaknya kabel tuas persneling lebih besar. Maka, apabila Anda merasakan persneling mulai seret saat dipindahkan, segeralah melakukan pengecekan dan menggantinya dengan yang baru.

    • Free play kopling terlalu besar

    Biasanya, mobil yang memiliki transmisi manual adalah penyebab terlalu besarnya freeplay pada kopling. Semisal saat mesin mati, persneling dapat berpindah-pindah dan masuk pada posisi 1, 2, 3, hingga seterusnya. Akan tetapi, saat mesin dinyalakan, perpindahan transmisi dapat terasa bertambah keras dan terkadang tidak dapat masuk sama sekali.

    Apabila dipaksakan, gigi percepatan pada transmisi dapat menyebabkan kerusakan atau memproduksi kebisingan ketika dijalankan. Mengatasi hal ini, Anda dapat memperkecil freeplay tersebut dengan menyetel ulang baut adjuster.

    • Shift fork usang

    Penyebab lain gigi persneling tidak bisa pindah adalah usangnya shift fork. Sehingga hal ini menyebabkan persneling mobil tidak dapat masuk gigi. Perlu Anda ketahui, shift fork adalah komponen yang berguna untuk menyambungkan pergeseran gigi pada transmisi.